Ikan Unik Ditemukan di Dasar Antartika

Para ilmuwan dari University of California, Santa Cruz, menemukan seekor ikan unik di kedalaman 740 meter di dasar laut. Ikan ini berada di wilayah paling ekstrem di dunia, tersembunyi di bawah Ross Ice Shelf yang terletak sejauh 850 kilometer dari Antartika “Penemuan yang menakjubkan,” kata Slawek Tulaczyk, pakar gletser dan pemimpin penelitian, seperti dikutip dari Livescience, Jumat, 23 Januari 2015.
Memang, ini pertama kalinya para ilmuwan menemukan biota di dasar bongkahan es Antartika. Tulaczyk bersama timnnya mengebor Ross Ice menggunakan Whillans Ice Stream Subglacial Access Research Drilling (WISSARD). Pengeboran dilakukan sejak 8 Januari dan menemukan kehidupan di bawah es pada Jumat, 16 Januari, di kedalaman lima derajat di bawah nol.

Pengeboran di daerah Ross Ice dilakukan sejak penemuan mikroba pada 2013. “Ikan jenis krustasea ini menambah temuan kami.” Ikan berwarna merah muda yang memiliki panjang 20 sentimeter ditemukan secara tak sengaja menggunakan wahana nirawak dasar laut.

Temuan ikan ini jelas mengejutkan Tulaczyk. Musababnya, selain mikroba, biota lain tak akan mampu bertahan di tempat bongkahan es raksasa yang terus bergeser. Tapi, dia menduga keahlian renang menyelamatkan ikan tersebut.

Selain itu, kata dia, puing-puing es memberikan nutrisi yang dibutuhkan. Dasar es, menurut dia, mengandung banyak plankton dan kaya akan karbon. “Khususnya sisa-sisa makhluk laut mikroskopis yang hidup sebelum Antartika membeku,” ujar Tulaczyk.

Penemuan kehidupan di zona landasan es ini menandai akhir dari WISSARD setelah enam digunakan di Antartika. Ekspedisi ini merupakan salah satu eksperimen glaciological terbesar yang pernah disponsori oleh National Science Foundation.

Tidak ada komentar on "Ikan Unik Ditemukan di Dasar Antartika