Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Kutuk Bagi Masyarakat

Tulisan berikut akan membahas tentang Abumin Ikan Gabus. Ikan Kutuk atau Ikan Gabus merupakan ikan air tawar yang mudah didapat dan harganya pun relatif murah. Mungkin karena bentuk kepalanya hampir mirip dengan ular, masyarakat enggan untuk mengkonsumsinya. Padahal kalau mereka tau kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan tersebut, mereka akan mencarinya. Karena dalam segi medis, ikan kutuk banyak mengandung Albumin.

MANFAAT IKAN KUTUK / IKAN GABUS

Dijadikan Ikan Asin Sebagai Bahan Lauk

albumin ikan gabus, ekstrak ikan gabus, kapsul ikan gabus,
Caranya: Dengan memeram ikan gabus dalam kristal garam. Namun sebelumnya ikan harus dibuang insang serta isi perutnya, kemudian ditata dalam wadah penggaraman.

Dalam wadah tersebut (drum plastik), taruh lapisan garam dulu baru kemudian ikan, lalu garam lagi, lalu ikan lagi dan seterusnya. Pada bagian bawah wadah diberi lubang untuk mengalirkan cairan ikan. Proses penggaraman ini bisa berlangsung sampai 2 hari bahkan lebih.

Selanjutnya cairan yang sebelumnya mengisi jaringan daging ikan, maka akan tergantikan oleh garam. Dan cairan ikan yang dikeluarkan garam itu akan menetes melalui lubang di bagian bawah wadah.

Setelah cairan tidak menetes, harus harus dikontrol. Dilihat apakah garamnya masih ada atau sudah habis. Bila masih ada, maka seluruh cairan ikan sudah terkeluarkan. Namun kalau garamnya habis, kemungkinan cairan ikan masih tersisa dan belum seluruhnya terserap oleh garam. Oleh karena itu, tumpukan ikan harus dibongkar dan diberi garam lagi seperti semula.

Selanjutnya proses penjemuran. Penjemuran ikan dalam proses pembuatan ikan asin gabus, bukan dimaksudkan untuk "menguapkan" seluruh air, namun hanya sekadar untuk lebih mengeringkan permukaan ikan gabus saja. Jadi, Hal utama pembuatan ikan asin gabus bukan terletak pada penjemuran, namun pada penggaramannya

Dijadikan Sebagai Pengusir Hama

Untuk masyarakat desa yang khususnya petani, ikan gabus sangat membantu memusnahkan hama, misalnya: sawah yang banyak di huni oleh hama keong, sering kali berujung dengan gagal panen, akibat dari ulah keong yang sering memakan padi, terutama di usia muda. Namun beberapa petani menemukan cara yang cukup mudah dan sangat membantu, yaitu, dengan mengembang biakan ikan gabus di sawah-sawah yang sedang di garapnya, dengan demikian keong-keong yang banyak merugikan petani sedikit demi sedikit akan berkurang.

Dijadikan Sebagai Pengobatan

Diketahui bahwa ikan ini sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting. Albumin diperlukan tubuh manusia setiap hari, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka.  Ini biasanya di anjurkan oleh pasien pasca operasi atau sehabis melahirkan. Pemberian daging ikan gabus atau Ekstrak Protein Ikan Gabus telah dicobakan untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit.

KANDUNGAN NUTRISI IKAN KUTUK / IKAN GABUS

Ikan gabus memiliki kandungan protein lebih tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya. Kandungan gizi 100 gram berat dapat dimakan dari ikan dari ikan gabus segar dapat dilihat pada Tabel
albumin ikan gabus, ekstrak ikan gabus, kapsul ikan gabus,

Albumin ikan gabus sangat bermanfaat bagi manusia. Albumin sendiri adalah protein sederhana yang larut dalam air dan larut garam encer, terkoagulasi oleh panas dan mengendap dengan penambahan ammonium sulfat jenuh (Kusnawijaya, 1987). Sedangkan menurut Neligan (1998), albumin adalah protein yang paling banyak dalam plasma, kira-kira 60% dari total plasma 3.5-5.5 g/dl. Albumin merupakan polipeptida tunggal, memiliki berat molekul 63.000-69.000, terdiri atas 585 asam amino. Struktur molekul albumin manusia.
albumin ikan gabus, ekstrak ikan gabus, kapsul ikan gabus,

Dilihat dari asam amino penyusunnya, albumin termasuk protein lengkap yang dibangun oleh sejumlah asam amino esensial dan non esensial. Menurut Poedjiaji (1994), kandungan protein ikan gabus cukup tinggi dibandingkan ikan lain yaitu 25,2g/100g daging ikan gabus segar. Selain itu dikatakan oleh suprayitno, dkk (1998), bahwa ikan gabus mengandung albumin 62,24g/kg dan Zn 17,41 mg/kg. Asam amino penyusun albumin ditunjukkan dalam tabel 2.





Tidak ada komentar on "Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Kutuk Bagi Masyarakat